• image
  • image
  • image
  • image

Aliansi Masyarakat Sikip Anti Penyiksaan (SIKAP) secara kontinu memeringati Hari Internasional Mendukung Korban Penyiksaan. Tahun ini, Pusham Unimed bekerjasama dengan Aliansi Masyarakat Sipil Anti Penyiksaan (Sikap) mengadakan Diskusi Publik dengan tema "Rehabilitasi adalah hak korban dan kewajiban negara". Diskusi tersebut dilaksanakan di Ruang kursus IELTS Pusat Bahasa, Lt. 1 Gebung Perpusatakaan Lama Kampus Unimed, kegiatan tersebut dimulai pukul 14.30 dan ditutup dengan buka puasa bersama.

Diskusi tesebut dihadiri sekurangnya 80 orang peserta dari berbagai elemen seperti, Lembaga Pemerintahan, Media Massa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/NGO, dan para korban yang tergabung dalam HAM Nusantara, YPKP 45 Sumut, serta KTMJ Sei Mencirim.

Diskusi tersebut dipimpin langsung oleh Manambus Pasaribu (Direktur Bakumsu) sebagai Moderator. Hadir sebagai narasumber dalam diskusi tersebut M. Fahmi Siregar (BPPC Pusham Unimed) dengan judul makalah “ Urgensi Rights to Rehabilitation sebagai Pedomen dan Acuan Memperjuangkan Hak-Hak Korban Penyiksaan” dan Suwardi (Host Sikap) dengan judul makalah “ Tantangan dan Harapan Pembela HAM dalam Memperjuangan Hak Rehabitation Terhadap Korban-korban Penyiksaan”.

Diskusi Tersebut Diadakan dengan tujuan mendorong pemerintah segera melakukan ratifikasi OPCAT; mendorong penuntasan kasus-kasus penyiksaan dan negara memfasilitasi rehabilitasi korban-korban penyiksaan; mendorong masyarakat untuk berani melaporkan kasus-kasus penyiksaan, dan melakukan kampanye lokal dan nasional untuk mendukung korban-korban penyiksaan. (FR)